health news update

Standard

Lansoprazole Memperbaiki Gejala Asma Pasien GERD (19-11-2010)
Kalbe.co.id – GERD merupakan kondisi dimana terjadi kembalinya isi lambung ke dalam esophagus dan sudah menimbulkan keluhan. Secara umum GERD ini akan menimbulkan keluhan yang berhubungan dengan saluran cerna (esofagus), seperti keluhan: heartburn, ataupun gejala-gejala di luar saluran cerna seperti: suara serak, keluhan batuk bahkan serangan asma. Dari survei yang ada, hampir 59% responden melaporkan kadang-kadang terjadi keluhan GERD seperti regurgitasi, heartburn, nyeri telan, dsb. Keluhan–keluhan GERD yang tidak berhubungan dengan organ esofagus atau sering disebut dengan keluhan “extra esophageal”, atau sering juga disebut dengan “laringopharyngeal reflux”. Hal ini disebabkan oleh karena refluksat yang mengandung asam lambung dan akan menyebabkan mikroaspirasi sehingga merangsang dan mengiritasi saluran pernafasan dan meninmbulkan keluhan-keluhan yang berhubungan dengan saluran pernafasan.
link : http://www.kalbe.co.id/doctor-news/20867/lansoprazole-memperbaiki-gejala-asma-pasien-gerd.html

Curcumin Meningkatkan Kontraksi Kandung Empedu (19-11-2010)
Kalbe.co.id – Obat-obat herbal yang mengandung curcumin seperti Curcuma longa dan Curcuma xantorrhizae yang banyak dikonsumsi orang Indonesia sebagai jamu untuk meningkatkan kesehatan khususnya wanita hamil. Namun selain itu curcuma dipercaya juga memberikan efek yang menguntungan lainnnya khususnya untuk pengobatan “jaundice” atau sakit kuning serta untuk kasus-kasus gangguan hati lainnya dimana hal curcuma ini dipercaya mempunyai efek kolalogogum atau meningkatkan sekresi cairan empedu.
link : http://www.kalbe.co.id/doctor-news/20866/curcumin-meningkatkan-kontraksi-kandung-empedu.html

UDCA (Asam Ursodioksikolat) Mencegah Kekambuhan Adenoma Kolorektal ? (15-11-2010)
Kalbe.co.id – UDCA merupakan salah satu preparat yang menjanjikan untuk digunakan sebagai kemopreventif terhadap kanker kolorektal. UDCA memperlihatkan dengan nyata penurunan karsinogen yang menginduksi hiperproliferasi sel-sel kolon dan perkembangan adenoma maupun karsinoma pada mencit. Walapun mekanisme yang mendasari efek perlindungan ini tidak diketahui secara pasti namun UDCA menurunkan kadar tumor-promoting DCA (Deoxycholic acid) dalam feses dan menghambat jalur-jalur khusus dari karsinogenesis.
link : http://www.kalbe.co.id/doctor-news/20862/udca-asam-ursodioksikolat-mencegah-kekambuhan-adenoma-kolorektal.html

Suplementasi HKL (Heat Killed Lactobacillus) Meningkatkan Angka Eradikasi Helicobacter pylori (26-11-2010)
Kalbe.co.id – Banyak pengobatan untuk eradikasi bakteri H. Pylori, namun saat ini PPI yang dikombinasikan dengan antibiotik mampu memberikan angka eradikasisekitar 70%-an. Saat ini masih banyak dikembangkan penatalaksanaan untuk meningkatkan angka eradikasi, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan infeksi H. pylori, misalnya: meningkatkan tolerabilitas, kenyamanan dimana kombinasi PPI dengan antibiotik dengan dosis tinggi dan dengan rejimen yang lebih dari satu macam antibiotik akan meningkatkan keluhan efek samping diantarannya adalah: diare, mual, muntah, kembung dsb.
link : http://www.kalbe.co.id/doctor-news/20878/suplementasi-hkl-heat-killed-lactobacillus-meningkatkan-angka-eradikasi-helicobacter-pylori.html

Kombinasi EOCP untuk Kanker Esofagogastrik Lanjut (26-11-2010)
Kalbe.co.id – Pengobatan kanker esofagus dan gaster (esophagogastric adenocarcinoma) cukup sering ditemukan dan standar terapi menggunakan kombinasi Epirubicin, oxaliplatin serta capecitabine. Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Okines beserta rekan-rekan dengan menambahkan antibodi monoklonal dalam hal ini Panitumumab, untuk mengetahui efektivitas dosis. Penelitian ini dipublikasi secara online dalam Journal of Clinical Oncology (JCO) volume 25 edisi September 2010.
link : http://www.kalbe.co.id/doctor-news/20876/kombinasi-eocp-untuk-kanker-esofagogastrik-lanjut.html

Vitamin D & Polyphenol yang Memperkuat Tulang pada Hewan Coba (25-11-2010)
Kalbe.co.id – Penelitian terus dilakukan dalam meningkatkan kekuatan & mikroarsitektur tulang, sebagaimana studi yang dilakukan oleh Dr. Shen CL dan rekan, dari Texas Tech University, Amerika yang melakukannya pada hewan coba tikus betina, terhadap efek sinergistik vitamin D dengan teh hijau yang mengandung polyphenol.
link : http://www.kalbe.co.id/doctor-news/20874/vitamin-d-polyphenol-yang-memperkuat-tulang-pada-hewan-coba.html

Amantadin Mengurangi Depresi dan Memperbaiki Kualitas Hidup (24-11-2010)
Kalbe.co.id – Dalam sebuah penelitian, amantadin memiliki efek yang sama dengan fluoxetine sebagai terapi bagi pasien-pasien dengan gangguan depresi mayor (major depressive disorder , MDD). Pernyataan ini disampaikan pada pertemuan the Congress of the European College of Neuropsychopharmacology (ECNP) ke-23. Pernyataan ini merupakan hal yang sangat menarik bagi para ahli, karena amantadin dalam praktik tidak diindikasikan sebagai terapi untuk depresi.
link : http://www.kalbe.co.id/doctor-news/20872/amantadin-mengurangi-depresi-dan-memperbaiki-kualitas-hidup.html

Fluconazole Dosis Tunggal Efektif Untuk Kandidiasis Orofaringeal. (23-11-2010)
Kalbe.co.id – Kandidiasis orofaring merupakan infeksi oportunistik, yang paling umum ditemukan pada penderita dengan infeksi virus HIV. Mengingat kenyamanan, biaya dan juga komplikasi regimen antiretroviral, penggunaan dosis tunggal fluconazole diharapkan lebih memberikan kenyamanan dalam pengobatan kandidiasis oropharing sedang sampai berat
link : http://www.kalbe.co.id/doctor-news/20871/fluconazole-dosis-tunggal-efektif-untuk-kandidiasis-orofaringeal.html

Duloxetine Efektif untuk Nyeri Pinggang Bawah (LBP) (22-11-2010)
Kalbe.co.id – Dewan penasihat FDA (Food and Drug Administration) Amerika telah menyetujui usulan perluasan indikasi obat anti depresi duloxetine sebagai terapi bagi pasien-pasien dengan nyeri punggung bawah kronik. Perluasan indikasinya sebagai terapi untuk nyeri kronik akan meningkatkan jumlah penggunaan duloxetine di seluruh dunia. Hal ini disampaikan oleh salah seorang direksi dari the Division of Anesthesia and Analgesia Products FDA, dr. Bob A. Rappaport.
link : http://www.kalbe.co.id/doctor-news/20869/duloxetine-efektif-untuk-nyeri-pinggang-bawah-lbp.html

Lactobacillus reuteri Prodentis Efektif Untuk Pengobatan Periondotitis (22-11-2010)
Kalbe.co.id – Dari studi yang ada menunjukkan bahwa Lactobacillus reuteri Prodentis mempunyai efek yang sinergistik dengan pengobatan standar seperti scaling dan root plaining dalam menurunkan secara bermakna probing pocket depth (PPD) dan clinical attachment level (CAL) yang keduanya merupakan parameter yang penting untuk menilai keparahan periodontitis. Lebih lanjut, Lactobacillus reuteri Prodentis merupakan probiotik pertama yang secara bermakna mampu menekan pertumbuhan bakteri tiga patogen pada pasien dengan periodontitis kronik. Studi ini juga sebagai konfirmasi efek anti-inflamasi dari L. reuteri Prodentis pada gingivitis
link : http://www.kalbe.co.id/doctor-news/20868/lactobacillus-reuteri-prodentis-efektif-untuk-pengobatan-periondotitis.html

Makan Sayur dan Buah Turunkan Risiko Bayi Lahir Kecil (26-11-2010)
Kalbe.co.id – Memakan banyak buah dan sayur sebelum masa pembuahan mampu memperbesar kemungkinan melahirkan bayi dengan berat badan ideal. Menurut para ahli, perempuan yang mengonsumsi sayuran hijau lebih dari tiga kali kali per hari selama tiga bulan memiliki risiko 50 persen lebih kecil akan melahirkan bayi berukuran kecil.
link : http://www.kalbe.co.id/health-news/20875/makan-sayur-dan-buah-turunkan-risiko-bayi-lahir-kecil.html

Cinnamon (Kayu Manis) Menurunkan Risiko Diabetes Mellitus (23-11-2010)
Kalbe.co.id – Cinnamon atau kayu manis berasal dari kulit bagian dalam dari pohon bergenus cinnamomum yang banyak digunakan sebagai pemanis dan bumbu masakan. Studi oleh departemen agrikultur US, Richard Anderson, yang dipublikasikan dalam Journal of the American College of Nutrition tahun 2009, menunjukkan bahwa ekstrak cinnamon yang mengandung komponen antioksidan dapat menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung.
link : http://www.kalbe.co.id/health-news/20870/cinnamon-kayu-manis-menurunkan-risiko-diabetes-mellitus.html

Peran DHA pada Ibu Menyusui Bayi Prematur (16-11-2010)
Kalbe.co.id – Komponen utama pembentuk otak adalah lemak dan bahan baku untuk membentuk sel-sel saraf baru di dalam otak adalah protein. Salah satu yang terpenting dalam perkembangan otak dan kecerdasan adalah Docosahexanoic acid (DHA). Kurang lebih 25 % dari 60 % lemak, merupakan komponen utama struktur otak adalah DHA, yang diperlukan sejak bayi dalam kandungan hingga lahir dan tumbuh.
link : http://www.kalbe.co.id/health-news/20865/peran-dha-pada-ibu-menyusui-bayi-prematur.html

Paradoks Kopi – Kopi Meningkatan Risiko Stroke (12-11-2010)
Kalbe.co.id – Kopi memang menarik dibicarakan, banyak data-data dari hasil studi yang menunjukkan kopi memberikan manfaat termasuk bagi kesehatan, namun banyak juga hasil studi yang memberikan hasil yang kontroversi, misalnya efek konsumsi kopi terhadap sistem peredaran darah. Dari studi case-control, konsumsi kopi disebutkan meningkatkan risiko, namun studi lain dengan disain kohort prospektif konsumsi kopi tidak memberikan efek yang merugikan. Data lain juga menunjukkan bahwa konsumsi kopi memberikan efek yang negatif terhadap sistem peredaran darah, yaitu meningkatkan kolesterol darah, resistensi insulin, serta homosistein plasma. Sedangkan beberapa studi lainnya memberikan hasil yang positif, yaitu konsumsi kopi menurunkan risiko terjadinya diabetes mellitus tipe 2 dan juga memperbaiki fungsi hati.
link : http://www.kalbe.co.id/health-news/20860/paradoks-kopi-kopi-meningkatan-risiko-stroke.html

Khasiat Obat Tradisional Temulawak (10-11-2010)
Kalbe.co.id – Salah satu bahan dasar jamu Indonesia, temulawak, tanpa disadari ternyata hak patennya telah dipegang pemerintah Amerika Serikat. Padahal temulawak yang merupakan tanaman obat-obatan ini tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae) sekaligus berasal dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa, kemudian menyebar ke beberapa tempat di kawasan Indo-Malaya.
link : http://www.kalbe.co.id/health-news/20857/khasiat-obat-tradisional-temulawak.html

Kombinasi Silymarin, Fosfatidilkolin (PPC), dan Vitamin E Memperbaiki Perlemakan Hati (08-11-2010)
Kalbe.co.id – Perlemakan hati adalah penimbunan lemak yang berlebihan pada sel-sel hati yang merupakan respon organ hati terhadap jejas atau trauma, dan terjadi jika total timbunan lemak lebih dari 5% berat total organ hati yang normal. Secara
tradisional perlemakan hati juga dibedakan menjadi dua kelompok besar yaitu: NAFLD (Non-alchoholic fatty liver disease) yang merupakan perlemakan hati yang disebabkan oleh semua kondisi selain alkohol, dan ALD (Alchoholic liver
disease).
link : http://www.kalbe.co.id/health-news/20855/kombinasi-silymarin-fosfatidilkolin-ppc-dan-vitamin-e-memperbaiki-perlemakan-hati.html

Aspirin Menurunkan Kejadian Iskemik Kardioserebral Setelah Tindakan Bedah Jantung (11-11-2010)
Kalbe.co.id – Terapi preoperatif dengan aspirin sebelum tindakan bedah jantung secara bermakna mengurangi kejadian iskemik kardioserebral. Kesimpulan ini merupakan hasil dari sebuah penelitian ini dipresentasikan oleh Dr. Jian-Zhong Sun, dan rekan dari Jefferson Medical College di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat pada pertemuan tahunan the American Society of Anesthesiologists 2010.
link : http://www.kalbe.co.id/doctor-news/20859/aspirin-menurunkan-kejadian-iskemik-kardioserebral-setelah-tindakan-bedah-jantung.html

Evaluasi Nilai Ekonomis Ondansetron Pada Gastroenteritis Anak (10-11-2010)
Kalbe.co.id – Jikalau biasanya efektivitas pemberian ondansetron ditinjau secara klinis yang melibatkan para peneliti di bidang medis, laporan baru-baru ini mencoba menilai seberapa besar nilai ekonomis penggunaan ondansetron pada kasus anak dengan gastroenteritis, dan evaluasi dilakukan oleh seorang analis ekonomi yang bekerjasama dengan klinisi di Kanada.
link : http://www.kalbe.co.id/doctor-news/20858/evaluasi-nilai-ekonomis-ondansetron-pada-gastroenteritis-anak.html

Losartan Menurunkan Risiko Terjadinya Diabetes pada Pasien Hepatitis C (09-11-2010)
Kalbe.co.id – Pemberian losartan sebagai terapi antihipertensi pada pasien-pasien dengan hepatitis C kronik mengurangi risiko terjadinya diabetes melitus tipe 2. Kesimpulan ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh dr. Yasuji Arase dan rekan dari Toranomon Hospital di Tokyo, Jepang dan telah dipublikasikan dalam Journal of Medical Virology.
link : http://www.kalbe.co.id/doctor-news/20856/losartan-menurunkan-risiko-terjadinya-diabetes-pada-pasien-hepatitis-c.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s