tips bagi..muuuu

Standard

1 Desember 2010 jam 10.00 WIB
Pagi tak kunjung berlalu…suatu pagi yang dikagetkan dengan:1. masuk kelas langsung disuruh presentasi2. cerita linda yang mengejutkan, tapi juga membawa berkahkita mau mulai dari yang mana dulu ni??? sesuai kronologis ya..
makan pagi, itu merupakan kewajiban bagi ku dan bagi manajemen kamar 4 yang sangat detail dalam membagi job dest masing-masing orang yang ada di dalamnya. namun kali ini beda, makan pagi agak telat dan makin lama karena ya taulah pasti,,pada sibuk ngrobol dan becanda sendiri-sendiri. alhasil walhasil..berangkat lah diriku pukul 07.46 WIB (jadwal sesungguhnya si jam 07.00 WIB)dan ternyata dan ternyata ytak dinyana-nyana…sesampainya di kelas, aku sudah menemukan dosen telah duduk di kursi paling belakang kelas dan temen-teemn yang seakan menunggu sekolompok orang yang akan mempresentasikan hasil diskusinya (cie.. hasil diskusi,, cuma njiplak buku kali!!!)..kembali ke topik…aku dengan tas yang masih tertenteng di pundak dan laptop yang aku bawa, langsung melangkah ke depan dengan pedhe (percaya dhewe)-seakan sudah benar-benar siap dengan presentasi yang aku sendiri juga tidak mudeng dengan isinya…dengan segala kepercayaanku, aku menyiapkan laptopku untuk presentasi dan satu persatu presentor hadiiiiir…di depan..(hufftt)zzztztzzttztztzt…presentasi berjaaln dengan alot,,karena serasa dipajang dan mungkin lebih tepatnya dibunuh pelan-pelan sama tu dosen..gilaaa,,pertanyaan sebanyak 11 suruh jawab semua dan suruh nyantumin di bagian ujung makalah(halah bahasanya Pak Margono banget)..nah kaya gitu tu,,,,pertanyaan dan dijawab,,eh disuruh tanya ada pertanyaan lagi..mpe 11 deh pertanyaannya..di ujung presentasi setelah moderator mengucapkan closing, dosen menambahkan:
“Wah presentasinya seru, bagus sekali,,semua pada aktif..”
we eh,,kata-kata yang tidak dinyana-nyana keluar dari mulut dosen itu..walhamdulillah…wkwkwkwkmeski dengan persiapan seadaanya dan kitidakpastian yang tinggi ternyata juga membuahkan hasil yang signifikan..hahaha
tem,…dari sini kita bisa petik sedikit makna:1. bila Anda dalam situasi yang mendesak dan secepatnya harus tampil di depan umum,,usunglah atau junjunglah tinggi-tinggi rasa percaya diri Anda, jangan sampai orang lain tau bahwa sebenarnya Anda belum siap atau bahkan tidak siap sama sekali, namun hal tersebut tidak usah ditunjukkan di muka publik dengan mimik muka Anda atau dengan tingkah Anda yang akhirnya bisa mencuri perhatian khalayak dan akhirnya mereka pun tau ada suatu kejnggalan yang mengaraah pada ketidaksiapan Anda2. dalam hal yang cukup sulit di atas, berusahalah tetap meredam amarah dan tetap senyum,,tenang..stay cool katanya..sehingga oksigen yang akan dibawa ke otak untuk proses berfikir menjadi lancar dan tidak terhambat oleh otot-otot yang mencuri oksigen untuk cemas3. sebelum Anda menampilkan apa yang akan Anda tampilkan terlebih dahulu buka penampilan Anda dengan sekelumit kalimat misal salam, sapa yang sebenarnya hanya untuk memberi kesempatan Anda untuk membaca-baca materi atau berfikir apa yang akan Anda sampaikan nantinya4. dalam mempersipakan materi, Anda harus mengerti bahkan menguasai poin-poin penting yang menjadi kerangka penyampaian penampilan Anda,sehingga Anda tinggal mengulasnya kembali pada saat presentasi..namun jika Anda bahkan tidak tau apa yang akan disampaikan nanti,,maka berdoalah,,hahahhajangan anggap remeh doa ya,,apalagi dalam situasi sulit dan mendesak seperti ini, pasti Anda akan sangat membutuhkan itu..maka berdoalah untuk meminta petunjuk pada Tuhan yang Anda percayai..(kalau saya Alloh SWT) sehingga minimal Anda tenang dan dapat berfikir apa yang selanjutnya harus Anda kerjakan.
itulah hikmah yang dapat diambil dari cerita yang tidak bermutu di atas, utnuk hasil,,,serahkanlah kepada yang di atas,,jika Anda berhasil maka benar-benar harus mensyukurinya, namun jika Anda kurang berhasil maka next time it will be better,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s