health update

Standard

Risiko Merokok Dapat Mengubah Gen

Kalbe.co.id – Asap rokok mengandung lebih dari 4.000 komponen, termasuk paling tidak lima komponen karsinogen (penyebab kanker) dan sejumlah racun-racun lainnya.
Charlesworth dan teman-temannya dari Southwest Foundation for Biomedical Research (SFBR) di San Antonio melihat perubahan pada gen-gen dalam sel darah putih dari 1.240 warga Meksiko Amerika, termasuk 297 partisipan yang merokok. Penelitian genetik bisa membantu menjelaskan hubungan antara kebiasaan merokok dan kanker, penyakit kardiovaskular, dan sejumlah penyakit lainnya.
Paparan asap rokok, menurut temuan studi terbaru, secara dramatis mengubah gen dengan berbagai cara negatif, termasuk memicu pertumbuhan tumor, penyakit peradangan, dan penurunan sistem kekebalan tubuh. Peneliti mengidentifikasi 323 gen yang secara signifkan berubah karena asap rokok.
“Kita sudah lama tahu bahwa merokok meningkatkan risiko seseorang menderita kanker dan penurunan sistem kekebalan tubuh,” tutur peneliti Jac. C. Charlesworth PhD, seperti dikutip situs webmd.com. “Yang kita tunjukkan di sini adalah bahwa merokok mengubah DNA tubuh.”

Rekomendasi Suplemen untuk Wanita 40 tahun ke Atas

(22-Feb-2010)Oleh: NFA
Kalbe.co.id – Penuaan akan mempengaruhi proses pencernaan dan penyerapan nutrisi. Saat memasuki usia pertengahan, perempuan seringkali tidak bisa mendapatkan seluruh kebutuhan nutrisi melalui diet. Untuk melengkapi nutrisi, Anda bisa mengonsumsi suplemen. Suplemen apa saja yang perlu? Menurut Andrew Weil, MD,seorang profesor klisnis di bidang obat dari University of Arizona, berikut empat suplemen yang diperlukan perempuan berusia 40 ke atas.
Suplemen multivitamin merupakan pilihan pertama. Pilihlah multivitamin yang mengandung vitamin C (200 miligram), vitamin E (400 internasional unit/IU, karoten campuran (15.000 IU), selenium (200 mcg), asam folat (400 mcg), dan vitamin B lainnya. Pastikan multivitamin yang Anda pilih tidak mengandung besi. Hal ini karena sebagian besar perempuan tidak membutuhkan zat besi ekstra, khususnya jika mereka telah memasuki masa postmenopause.
Kalsium sitrat, yang membantu membangun dan mempertahankan tulang kuat, menurunkan tekanan darah, dan meredakan gejala-gejala premenstrual syndrome/PMS. Weil menganjurkan Anda untuk mengonsumsi 500 mg kalsium sitrat setiap hari.
Vitamin D3. Studi-studi menghubungkan kekurangan vitamin D3 dengan peningkatan risiko osteoporosis, hipertensi, radang sendi, dan beberapa jenis kanker. Menurut Weil, perempuan akan mendapatkan manfaat dengan mengonsumsi sekitar 2.000 IU vitamin D3 sehari.
Minyak ikan. Weil menganjurkan Anda mengonsumsi hingga 2 gram suplemen yang mengandung campuran EPA dan DHA, dua jenis asam lemak omega-3 yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung dan otak.

One response »

  1. Pingback: health news update « Bidangesot's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s