Belum Ada Satu pun Obat yang Berlisensi HALAL

Jakarta, Saat ini masih belum ada satu pun merek obat yang beredar di tanah air yang sudah mendapatkan sertifikasi halal dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).
Produsen lebih mengutamakan obatnya mendapatkan sertifikasi keamanan, khasiat dan mutu dari Kementerian Kesehatan.
Apalagi pemerintah hanya mensyaratkan tiga hal itu untuk produsen obat. Sedangkan sertifikasi halaltidak wajib dan hanya bersifat sukarela.
“Selama 20 tahun LPPOM berdiri belum ada satu pun produsen obat yang mendaftarkan produknya untuksertifikasi halal,” kata Direktor LPPOM MUI Ir Lukmanul Hakim Msi dalam seminar ‘Pentingnya Penyediaan Obat Halal di Indonesia’ di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (31/3/2010).
Lukmanul mengatakan sertifikasi halal untuk obat penting dilakukan karena kepedulian dan kesadaran masyarakat tentang produk halal dan haram tiap tahun makin meningkat.
“Hukum yang mengonsumsi obat sama dengan mengonsumsi pangan yaitu harus halal,” ujar Lukmanul.
Sementara Dirjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Dra Sri Indrawaty Apt. Mkes mengatakan sertifikasi halal sifatnya memang tidak wajib hanya mengandalkan inisiatif produsen saja.
“Yang didaftarkan ke Kemenkes hanya masalah kemanan, khasiat dan mutu,” kata Sri.
Lukmanul menjelaskan tidak adanya obat yang bersertifikasi halal karena pengetahuan konsumen muslim juga terbatas. Ada asumsi obat haram diperbolehkan karena alasan darurat.
Padahal menurut MUI alasan darurat itu ada berbagai macam syarat:1. Kalau tidak pakai obat itu maka pasien bisa mati2. Harus diyakini tidak ada obat lain selain obat itu sehingga membahayakan keselamatan jika tidak diminum.3. Kondisi darurat ini tidak berlaku selamanya
Menanggapi masalah ini, menurut Lukmanul, perlu adanya upaya secara sistematis dari pemerintah dan pemangku kepentingan lain seperti produsen farmasi, apoteker, dokter, MUI, pebisnis obat dan vaksin serta ilmuwan dari perguruan tinggi untuk membahasnya.
Tujuannya agar konsumen obat dapat memakai obat dengan tentram dan tidak was-was dengan status halal. Kalau pun obat tersebut tidak halal, menurut Sri, produsen harus mencantumkan bahannya secara jelas seperti alkohol atau babi.

Waspadai dan Hindari Kantong Kresek dari Kotoran Manusia

Pembungkus gorengan yang anda makan bisa saja berasal dari bekas kotoran manusia.
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Juli 2009 kemarin mengeluarkan peringatan publik atas penggunaan kantong plastik kresek. Terutama kantong plastik berwarna hitam yang biasa digunakan untuk membungkus makanan.
Kantong plastik berwarna hitam merupakan hasil daur ulang dan dalam proses daur ulang tersebut menurut BPOM tidak diketahui riwayat penggunaan sebelumnya, apakah bekas wadah pestisida, limbah rumah sakit, kotoran hewan atau manusia, limbah logam berat, dll. Dalam proses tersebut juga ditambahkan berbagai bahan kimia yang menambah dampak bahayanya bagi kesehatan.
Oleh karena itu BPOM memberikan peringatan agar semua masyarakat mulai memerhatikan hal ini. Walaupun sudah berjalan 4 bulan hingga kini belum banyak masyarakat yang mengetahui surat peringatan dari BPOM tersebut.

Alasan Mengapa Kulit Kepala Berminyak

Jakarta, Beberapa orang memiliki jenis rambut yang sangat berminyak sehingga membuat rambutnya tampak lepek atau tidak bersinar. Sebenarnya apa penyebabminyak berlebih di rambut?
Rambut berminyak akan terlihat seperti menggumpal dan kotor, bahkan ketika seseorang baru saja dikeramas. Selain itu rambut berminyak juga kadang ditemui ketika seseorang tidak mencuci rambutnya dalam jangka waktu lama atau lebih dari 3 hari.
Sebenarnya di dalam folikel (kantung) rambut terdapat akar dan juga kelenjar sebaceous yang mengeluarkan sebum (minyak yang membantu menjaga kulit dan rambut tetap lembab dan berkilap). Tapi pada beberapa orang tertentu kadar minyaknya lebih tinggi atau berlebihan dibanding orang lain.
Rambut berminyak tidak hanya membuat penampilan tak sedap dipandang, tapi juga mengakibatkan masalah lain seperti ketombe, jerawat di kulit kepala serta rambut rontok. Jika memiliki poni, maka bisa menyebabkan atau memperburuk jerawat yang ada di dahi
Seperti dikutip dari Livestrong, Jumat (31/12/2010) penyebab rambut berminyak adalah akibat kelenjar sebaceous yang terlalu aktif sehingga membuat kadar minyak di rambut menjadi berlebihan.
Beberapa hal diketahui bisa mempengaruhi keaktifan kelenjar ini dalam mengeluarkan sebum, yaitu:
Perubahan hormonPerubahan hormon yang terjadi ketika seseorang mengalami pubertas, menopause, stres atau mengonsumsi obat hormon (misalnya kontrasepsi oral) akan membuat rambut menjadi lebih berminyak. Selama pubertas, hormon di dalam tubuh bergejolak termasuk androgen, hormon ini berfungsi mengendalikan kelenjar sebaceous yang membuat rambut seseorang lebih berminyak. Rambut berminyak akibat perubahan hormon biasanya hanya bersifat sementara.
GenetikBeberapa orang cenderung memiliki rambut dan kulit yang berminyak secara genetiknya. Kondisi ini akan membuat seseorang memiliki rambut yang lebih berminyak dibanding orang lain sepanjang hidupnya.
LingkunganFaktor lingkungan seperti udara panas atau kelembaban akan membuat rambut lebih berminyak. Selain itu faktor luar lain seperti keringat, asap dan bahkan make up yang berlebihan akan membuat rambut berminyak tampak lebih berminyak. Serta penggunaan produk yang tidak dirancang untuk jenis rambut berminyak cenderung akan menambah masalah.
Meski demikian, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga rambut agar tidak berminyak, yaitu:

  1. Pilihlah shampo yang cocok dan memang dirancang untuk rambut berminyak, serta keramaslah setiap hari. Shampo yang mengandung deterjen akan membantu mengendalikan kulit kepala yang berminyak. Saat keramas pijatlah kulit kepala secara lembut dan biarkan shampo selama beberapa menit sebelum dibilas, lalu mengulanginya lagi.
  2. Jika ingin menggunakan kondisioner, pilihlah yang bebas minyak dan cukup digunakan di ujung rambut tanpa menyentuh kulit kepala.
  3. Usahakan untuk tidak terlalu sering menyisir dan cobalah untuk tidak menyisir hingga ke kulit kepala sehingga tidak merangsang produksi minyak berlebih.
  4. Setelah mencuci rambut, bilas sekali dengan menggunakan campuran asam yang dibuat dari segelas air yang ditambahkan satu sendok cuka atau jus lemon.
  5. Jika usaha ini tidak juga berhasil, konsultasikan dengan dokter kulit untuk membantu mengatasi minyak berlebih sehingga bisa membuat rambut berkilau.

 

Kecerdasan dan Ketampanan Mempengaruhi Kualitas Sperma

Jakarta, Bagi wanita, ada cara mudah untuk mengetahui seberapa subur pasangannya. Pandangi saja wajahnya dan perhatikan jurnal ilmiah apa saja yang dibacanya. Menurut penelitian, ketampanan dan kecerdasan seorang pria menunjukkan kualitas spermanya.

Hubungan antara kualitas sperma dengan tingkat intelegensi seorang pria pernah dilakukan di University of New Mexico pada tahun 2008. Menurut penelitian tersebut, kualitas sperma yang kurang baik bisa menjadi indikator adanya penurunan fungsi otak yang berhubungan dengan kemampuan verbal dan aritmatika.

Hubungan ini terungkap saat peneliti memeriksa sampel air mani dari 425 veteran perang Vietnam di AS yang terkena dampak Agent Orange, senyawa kimia berbahaya yang digunakan untuk melumpuhkan gerilyawan. Selain mendapati penurunan jumlah sel sperma dalam air mani, peneliti juga mendapati bahwa kecerdasan para veteran menurun.

“Sperma dan kecerdasan sama-sama berhubungan dengan kebugaran fisik sehingga masuk akal jika di antara keduanya ada saling keterkaitan. Meski memang tak terlalu signifikan, terbukti ada keterkaitan,” ungkap salah satu peneliti, Geoffrey Miller seperti diberitakan Newscientist, Minggu (2/1/2011).

Sementara itu hubungan sperma dengan ketampanan lebih dulu terungkap dalam penelitian di University of Valencia pada tahun 2003. Penelitian itu menunjukkan bahwa pria dengan wajah yang menarik punya sperma yang lebih sehat sehingga mampu bergerak lebih cepat untuk membuahi sel telur.

Penelitian itu dilakukan dengan mengumpulkan 66 foto pria berikut sampel spermanya. Peneliti memeriksa sampel tersebut lalu mengelompokkannya dalam 3 kategori yakni kategori sperma unggul, kategori sperma normal dan kategori sperma tidak sehat.

Setelah dikelompokkan berdasarkan kualitas spermanya, foto-foto itu kemudian dimintakan penilaian pada 66 responden wanita. Ternyata, foto-foto pria yang berada dalam kategori sperma unggul cenderung mendapat penilaian lebih menarik dibanding foto pria dalam kategori sperma normal dan tidak sehat.

“Wajah pria yang dinilai menarik oleh para responden adalah wajah-wajah yang simetris. Bagian wajah yang banyak menarik perhatian adalah mata, hidung dan telinga,” ungkap Maria Sancho-Navarro, salah seorang pakar yang terlibat dalam penelitian tersebut.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s